Ayo Cari Yang Mau Kau Cari

Kamis, 16 Juli 2009

Jamur dan olahannya

Jamur Tiram Segar
Dengan harga yang sangat terjangkau, rasa seperti udang dan ayam serta kandungan gizi yang lebih baik dari keduanya, bahkan menyehatkan (sbg : anti kolesterol, anti oksidan, anti bakteri, anti virus, mempercepat penyembuhan luka, perbaikan sel darah merah, perawatan kulit, dll -lihat dihttp://www.kompas.com/kesehatan/news/0208/30/195949.htm - ) maka Jamur Tiram ini sangat tepat sebagai makanan (lauk) alternatif pengganti daging dan sayuran tambahan.Cocok untuk Katering,Pedagang sayur pasar tradisional, Rumah Sakit, Kafe, Resto, Rumah makan, Swalayan, Supermarket ,Pedagang Gorengan kaki lima dan kebutuhan rumah tangga.
Nah mommy baca juga nih di majalah Sedap, ada beberapa alasan kenapa kita harus makan jamur, diantaranya:
a.Jamur mengandung banyak serat
b. Jamur termasuk bahan pangan yang rendah kalori
c.Jamur mengandung vitamin B
d.jamur mengandung folat, niacin, asam pantotrnik, dan biotin
e.jamur banyak jenisnya jadi bisa makan sesering mungkin tanpa merasa bosan, dan bisa dikreasikan dalam beraneka olahan mulai dari sup, snack sampai gorengan
Kali ini mommy mau bagi resep membuat jamur crispy(jenis jamur:tiram) yang gak sampai 5 menit bakal langsung ludes disantap, sebagai berikut:

Pertama cuci jamur dengan air mengalir, kemudian disuwir2 , sementara itu siapkan bahan:
-tepung terigu
-telur
-garam
(takaran disesuaikan dengan jamur yg akan diolah)
Di sini mommy memang kalo memasak tidak pernah menggunakan vetsin/MSG, so kalo ada yg mau menambahkan royco rasa ayam juga boleh atau mau menggunakan tepung bumbu,(tergantung selera), tapi saran mommy nie yaa yang non MSG lebih oke.
So lanjut pengolahannya yuuk..setelah jamur sudah disuwir, diperas n ditiriskan lalu masukkan ke dalam kocokan telur, gulingkan ke dalam terigu yang sudah diberi garam, tekan2, celupkan lagi kedalam kocokan telur dan gulingkan lagi kedalam terigu, kibaskan dan goreng dalam minyak panas dengan api sedang.
Tips:
Kalo mau jamurnya bener2 crispy, jangan lupa setelah disuwir2 jamur diperas dahulu dan ditiriskan

3 komentar:

  1. aku malah baru tahu kalau jamur itu banyak banget manfaatnya :) kebetulan aku suka jamur, tapi tiap kali "dapur" kumenukan jamur .... suami pasti protes "bunda kok masak jamur sih ... kan dah dibilangin ayah ga suka jamur .. !
    Selama ini aku ngolah jamur emang kalau ga dibikin oseng cabe iso ya buat campuran sop (standar banget ya :D ), mungkin karena itu ya .. kurang variatif makanya suamiku ga tertarik. Btw, jamur tiram ki yang kayak apa ya mom .... aku tahunya jamur itu kalau ga yang bulat kayak bakso ya yang putih lebar kayak payung. Terus bisa dibeli dimana ya tu jamur tiram ???? kek-nya di pasar atau di swalayan yang namanya jamur ya cuma dua seperti yang kusebutkan diatas. Kali aja ayahnya Aliyyah jadi mau mam jamur mom, hehehe :)

    BalasHapus
  2. wah sama nih suka jamur juga, jamur tiram tuh ada yg putih dan keabu-abuan, hidup di media kayu lapuk dengan bahasa latin pleuratus astreatus(shemeiji), n sekarang sudah banyak dibudidayakan,so di pasar tradisional banyak dijual bun..di supermarket juga ada kok
    Yg kualitasnya bagus n terjual di pasaran adalah yg putih itu,yup tul bentuknya bentuknya lebar kayak payung. met coba resep nya yaa..

    BalasHapus
  3. oya bun lupa, kalo suka merica bisa tambahkan merica n bawang putih halus, caranya: setelah dicuci,disuwir lalu rendam di air yg telah dicampur bawang putih halus dan lada, kemudian peras

    BalasHapus