Ayo Cari Yang Mau Kau Cari

Kamis, 11 Desember 2014

COBA RESEP AYAM BETUTU KUAH

hmmmmm....aromanya wangi rempah menggoda perut hingga menari-nari keroncongan.....

Siapa coba yang gak tergoda ayam betutu? rasanya nikmat, apalagi yang kuah seger rempah dan pedes bener-bener menggugah selera makan untuk nambah , lagi dan lagi...
Ayam Betutu khas masakan Bali ada 2 macam yaitu betutu kuah dan betutu kering

kali ini mama mau share resep ayam betutu kuah yang dijamin mudah dan sangat lezat, apalagi dibuat pedas.....#ngiler :D

RESEP AYAM BETUTU KUAH KHAS BALI:

2 ekor ayam kampung 
4 batang serai , digeprek
500 ml air
Air jeruk nipis
1sdm gula merah, disisir
garam secukupnya untuk melumuri ayam

bumbu yang dihaluskan:
- 5 butir bawang merah
- 4 butir bawang putih
- 3 butir kemiri
- 10 buah cabe rawit merah
- 1sdt ketumbar
- 1sdt terasi
- 3 ruas laos, jahe, kencur, kunir
garam sedikit saja krn ayam sudah dilumuri garam 


Cara membuat:
1. Cuci ayam hingga bersih, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam
2. Letakkan serai yang sudah digeprek ke dasar panci, lumuri ayam dengan bumbu halus sampai rata sampai ke rongga perutnya
3. tata ayam di atas serai tadi,masukkan sisa bumbu halus ,kemudian tuang air (sampai ayam terendam), masak dengan api besar hingga mendidih, teruskan dengan api kecil kira-kira 1-1,5jam hingga bumbu meresap sempurna dan bagi yang suka kuahnya banyak bisa menyesuaikan yang penting sudah matang

kalo suami dan anak-anakku suka yang kuahnya banyak karena seger banget rasanya apalagi musim hujan begini.....

kuahnya seger

kuah sedikit juga  sama nikmatnya

 
Nah untuk padanannya, berhubung tidak ada daun singkong /kangkung saat itu, jadilah tahu kediri goreng juga tetep enaklaaah....

sebenernya lebih lengkap jika ada kangkung rebus/ daun singkong rebus, sambal kecombrang dan kacang goreng

Untuk sambel kecombrang sayangnya gak difoto niiy, saya share resepnya aja yaa...
-1 bunga kecombrang berukuran sedang
-3 butir bawang merah, dicincang kasar
-1 butir bawang putih dicincang kasar
-1sdm minyak kelapa
-1 batang serai diiris halus
-1 lembar daun salam
-3 lembar daun jeruk
-6 buah cabe rawit potong-potong bulat
-garam secukupnya

Caranya: panaskan minya kelapa masukkan semua bahan aduk sebentar saja, dan sajikan 


Senin, 12 Maret 2012

Risol smoked beef

Snack yang satu ini dijamin anak-anak suka banget. Apalagi ditemani teh hangat baik sore, siang maupun pagi hari. Intip yuk resepnya! untuk smoked beef bisa diganti looh dengan irisan daging ayam/ fillet dada ayam tipis.
Bahan kulit:
-1/2 kg tepung terigu
-1/2 kg telur ayam
-750ml air
-2sdm garam

Rabu, 29 Februari 2012

KESIBUKAN BARU DI KOTA YANG BARU

  

Sekian lama gak posting tentang hobby niiy...Singkat cerita Kami pindah domisili. Di Kota yang baru ini, dan sangat berbeda adat, bahasa dan lainnya sampai saat ini belum ada yang bisa kulakukan untuk menyalurkan hobi, karena kesibukanku mengurus rumah dan anak-anak seharian penuh. Untunglah ada OL shop yang selama ini terus aku jalankan, meskipun penghasilannya tidak sebanyak waktu aku menetap di Yogya, tapi lumayan untuk menghilangkan rasa jenuhku di kota ini. Tetapi untuk hobby memasak jarang kujalankan lagi, insyaAllah menunggu rumah baru aja deh, pasti aku posting beragam masakan n jajan yang aku masak untuk keluargaku dan semoga bermanfaat untuk pembaca.

Rabu, 19 Mei 2010

TUMPENG NASI KUNING

Ceritanya niy..ponakanku n friends yang kuliah di MMTC mo adain syukuran tak taulah syukuran apa,kayaknya si rampung gawe film...nah budget kalo dipesenin di luar tuh tumpeng harganya min.250rb an...kalo ma aku si sesuaikan ja ma budget..budgetnya mereka cuma 150rb..okelah jadi aja bagiku...cukupan...anakku gilang mpe nambah 3x lho makan nasi kuning n lauk2nya,palagi sambelnya mak nyuuuzzz tenan...

Sabtu, 08 Mei 2010

LUMPIA JAMUR FAVORIT

Ceritanya nih aku dapat pesanan snack 90 box...aku buat aja lumpia,krn aku pikir praktis membuatnya,hemat waktu n tenaga pula...cuma kalu isinya ayam/rebung/wortel terlalu biasa...muncullah ide membuat lumpia tidak usah pakai ayam tapi jamur....toh empuknya juga sama tuh sama ayam..hihihi...rasanya dijamin bikin ketagihan deh.aku aja yang bikin gak kebagian,aku buat cuma jadi 100,hiks..90 masuk box,yg 10 ludes dilahap suami n anak2...
Bahan: (porsi menyesuaikan)
-Kulit Lumpia (beli jadi)

-jamur kuping,iris tipis
-jamur kancing iris
-wortel,iris spt korek api tipis2
-loncang
-seledri
-telur puyuh belah dua
-telur
-Bawang putih,dihaluskan tapi tidak terlalu halus
-bawang bombay,dicincang kecil (sy pakai 1buah bawang bombay utk 1/2kg wortel)
-Merica bubuk
-Royco
-Garam n gula pasir sedikit

 Cara membuat:
Isi:
1. Panaskan minyak 2sdm,Masukkan Telur yg sudah dikocok,kemudian diorak-arik sampai berbentuk bulir-bulir,sisihkan.
2.Panaskan minyak sedkit untuk menumis bawang putih,setelah harum masukkan bombay,merica,lalu masukkan wortel,air matang sedikit untuk mematangkan wortel
3. Masukkal jamur kuping,jamur kancing,garam,royco,gula pasir sedikit
4.Setelah air meresap n semua bahan2 matang, masukkan telur yang sudah diorak-arik tadi,dan masukkan pula loncang sledri,aduk sebentar. Angkat

Siapkan kulit lumpia,masukkan 1sdm isiannya,tambahkan belahan telur puyuh,bungkus seperti guling.
Goreng dalam minyak panas. siap dihidangkan...nyam...nyam...enak dan bergizi..lebih komplit lagi kalau ditambah potongan ayam ya..wuih..
SELAMAT MENCOBA....

Jumat, 07 Mei 2010

Belajar jadi EO

Wow gayanya Eo,padahal cuma acara kecil2an...wkwkwk..
Mulai dari belanja handybag dan kroni2nya,buat kue ultahnya,nasi kuning mininya,menghias ruangan n MC..semua sendiri,hehe..enggak juga ding...masih ditemani suamiku tersayang tentunya... :)
Ini berawal dari ultah NAZARA ATHAYA KAMILA anak dari kakak sepupu suamiku..

 Namanya juga acara Balita jadi yang heboh tidak hanya anak-anaknya aja,para mommy pun gak mau kalah niy hebohnya.... :))
Di tengah2 acara kusisipkan permainan,masih ingat kan "ular naga panjangnya..bukan kepalang..menjalar-jalar kesana kian kemari..umpan yang lezat itu yang dicari....". Nah yang kena perangkap harus menyanyi dan menari. Buat yang berani menyanyi ada hadiahnya loh...
Setelah acara selesei semua dapat bingkisan yg dikemas dlm handybag warna pink bergambar princess dan warna merah bergambar spiderman.

Selasa, 17 November 2009

DONUT KENTANG ISTIMEWA

AWW..wah udah lama banget ni gak posting..ada banyak urusan,oya temen2 mampir ya ke web aku di http://bignpromo.com..lhoh..lhoh malah promosi..
untuk donut yang 1 ini pertama kali bikin langsung jadi padahal itu orderan temen lhoh,kalo sampe gak jadi pasti stress bgt tuh,soalnya waktu mepet bgt gak memungkinkan waktu untuk beli di luar.
Alhamdulillah berkali-kali dapet order snack isi donut gak pernah gagal.So coba yuuuks!. Kuncinya ada di perbandingan kentang dan terigu yaitu 1:1.

Bahan-Bahan:
1 kg Kentang
1 kg terigu protein tinggi(CAKRA),dikurangi 2 sdm(jika pakai susu bubuk)
4 butir telur
200 gr gula kastor
250 gr mentega
11 gr ragi instan (aku pakai fermipan)
2 sdm susu bubuk (boleh pakai/tdk,aku pakai susu bubuk dancow full cream)
Topping: sesuai selera (bisa gula halus,coklat kacang,meses,coklat putih,abon)

Cara membuat:
1.Kukus kentang yg telah dicuci sampai matang
2.Haluskan kentang selagi masih panas
3.Kocok telur dan gula (bisa pk mixer/kocokan manual),asal tercampur rata (tidak sampai mengembang
4.Masukkan terigu cakra,kentang,ragi,susu dan mentega.Uleni sampai kalis sambil dibanting-banting.Setelah kalis dan terasa kenyal kemudian didiamkan selama 1 jam(tutup dengan kain lap lembab)supaya mengembang sempurna.
5. Bentuk dan goreng hingga kuning kecoklatan,hias topping sesuai selera

*untuk topping meses: oles donut yg telah digoreng dan didinginkan dengan krim mentega (mikser mentega putih+gula halus+susu kental manis)lalu taburi meses
*untuk toping coklat kacang: sangrai kacang(kacang tanah/kacang mete/almond/kenari)lalu ditumbuk kasar.siapkan coklat masak yang dilelehkan dengan cara ditangas(potongan coklat masak dimasukkan kedalam pinggan tahan panas yang diletakkan pd air yang sedang mendidih).Oles donut dengan lelehan coklat dan taburi kacang yg telah ditumbuk kasar.
*untuk toping abon: oles donut dengan mayonaise lalu tabur abon sapi/ayam/ikan.
Wassalam semuanya..met mencoba yaa...empuk..empuk..enaaaakk..